Kamis, 21 Agustus 2014

PARADE BUDAYA KABUPATEN KEDIRI 2014

Penari Thengul dan Pemain Oklik
Minggu, 10 Agustus 2014 Dinas Kebudayaan Kabupaten Bojonegoro mendapat undangn untuk memeriahkan Parade Budaya di Kabupaten Kediri. Dalam kesempatan ini, Kabuapten Bojonegoro menampilkan Tari Thengul yang diiringi alat musik tradisional Oklik.

Tari Thengul adalah karya tari sebagai wujud gerak yang terinspirasi dari Kesenian Wayang thengul khas Bojonegoro. gerak yang unik mengekspresikan gerak tingkah wayang Thengul, membuat tarian ini cukup diminati oleh penontonnya. Tarian ini menonjolkan mimik serat ekspresi wajah penari yang dipadu dengan kelincahan gerak mengikuti irama lagu yang mengiringi.
Berpanas - Panas Ria menunggu giliran Start

Sedangkan kesenian Oklik adalah kesenian tradisional yang menggunakan peralatan sederhana yaitu kentongan dari bambu yang dibunyikan dengan irama teratur sehingga membangun musik kreatif berunsur akustik dengan suara enak didengar.

Dalam parade ini kontingan Kabupaten Bojonegoro mendapat nomor 16 strat dari museum Simpang Lima Gumul (SLG), bergerak menuju Kantor Bupati Kabupaten  Bupati Kabupaten Kediri. Walaupun panas terik sang Surya menyengat, pemuda – pemudi perwakilan Bojonegoro pun tetap tampil penuh semangat.
Aksi Penari Thengul
Kontingen Kabupaten Bojonegoro kali ini dikomandani langsung oleh Drs. Suyanto, MM selaku Kepala Bidang Pelestarian dan Pengembangan Budaya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro. Dengan seringnya mengikuti kegiatan Parade Budaya di luar daerah, beliau berharap mampu memperkenalkan kesenian daerah Bojonegoro yang kita cintai ini lebih luas kemasyarakat Indonesia.
Akhirnya... Senjakala di depan Finish

Novi BMW
PBB 08 (hutang Kamis, 14/08/2014)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar